RODA GIGI
MACAM-MACAM RODA GIGI.
Bentuk roda gigi ada bermacam bentuk disesuaikan dengan kebutuhan oleh sebab itu roda gigi di bagi menjadi beberapa jenis. Dan dari banyak bagian dari roda gigi adalah luas penampang,dan salah satunya penampang melintang.Dan nama lain dari penampang dari roda gigi tersebut adalah profil roda gigi.dan bentuk profil roda gigi ada beberapa macam:
1. Evolvente
2. Cycloid
1.PROFIL EVOLVENTE
Apabila suatu lengkungan terjadi apabila kita mengudar benang mengelilingi lingkaran.atua sama dengan diameter dalam suatu roda gigi.
2.PROFIL SIKLOID
Apabila suatu lengkungan yang di dapat dengan mengambil lintasan suatu titik pada lingkaran yang di gelindingkan pada suatu garis lurus.
3.PROFIL GIGI PADA BATANG BERGIGI
Profil batang bergigi berguna untuk pengukuran gigi seperti pada gambar:
Sebelum membuat roda gigi kita harus memperhitungkan aspek-aspek yang akan menjadi penghambat pengerjaan.danserta kita harus sudah mengetahui bahan apa yang akan kita pakai dan jenis bahanya.Dan juga Pembuatan roda gigi haruslah memperhatikan batas proporsinal atau kekutan dari roda gigi.Dan serta harus memperhitungkan keadaan lingkungan kerja serta material yang akan di pakai.
Gambar:
TABEL TOLERANSI
Untuk menentukan ukuran gigi pada roda gigi ada bebera factor yang harus di tinjau:
· Kekuata gigi terhadap benturan
· Kekuatan gigi terhadap tekanan
· Pemeriksaan terhadap panas yang terjadi
Di samping yang di sebut diatas factor pengerjaan memang salah satu yang paling berperan penting,karena itu ketidaksempurnaan dapat menyebabkan getaran dalam tumbukan yang menyebabkan patah dan uas lebih cepat.serta pemilihan bahan yang tidak tepat juga menyebabkan kerusakan lebih cepat.
Dan di bawah ini adalah tiga bentuk kelas roda gigi untuk semua ukuran diameter yang bebas momen (gambar).
PEMBUTAN KEPALA SKRUP DAN BAUT.
Pembuatan kepala skrup dan baut di sesuaikan dengan ukuran batang skrup dan baut itu.Dan apbila kita akan membuat kepala skrup dan baut kita harus menyesuaikan dengan ukuran standatr internasional.karena ukuran sudah kepala baut sudah ada ketentuannya.dan ukuran baut seperti ukuran pada table bawah ini:
Dan apabila kita ingin membuat ukuran dengan ukuran kita kekendak kita sendiri kita maka kita harus mendahulukan aspek kekuatan.
- MACAM-MACAM BENTUK KEPALA SKRUP DAN BAUT
Di bawah ini adalah macam-macam bentuk kepala skrup dan baut yang standatr internasional:
Selain bentuk-bentuk kepala di atas ada juga yang lain yaitu model ring atau model gelang,dan model ini biasannya di gunakan untuk alat penghubung atau pengait untuk mesin-mesin seperti dynamo.dan bentuk kepala seperti ini membutuhkan kekutan bahan yang lebih besar.Karena model ini gi gunakan untuk kebutuhan yang sangat berat.(Gambar):
KET:
- Di gunakan untuk kekuatan menengah kebawah
- Di gunakan untuk kekuatan menengah keatas
Di bawah ini adalah table untuk perbandingan standart untuk kepala dan batang skrup dan baut.Karena setiap ukuran memiliki bentuk dan model sendiri olleh karena itu apabila kita akan membuatnya haruslah melahat table atau ukuran standartnya.(TABEL);
Selain ukuran diameter yang kita perhatikan dalam pembuatan baut dan skrup kita juga harus memperhatikan sudut kepala baut dan skrup.Karena sudut juga menentukan kekuatan dari baut dan skrup.Karena setiap bentuk kepala skrup dan baut memiliki sudut yang berbeda.(Gambar)
ELEMEN MESIN
Bentuk pasangan skrup dan baut,serta fungsi pengunaan dalam indusrti.bentuk pasangan skrup di tentukan sesuai dengan penggunaannya.oleh karena itu bentuk pasanngannya mempunyai berbagai macam bentuk.Di samping itu pasangan baut dan skrup juga harus memperhatikan system keefisiensinya karena apabila bentuk pasangan tidak sesuai dengan material yang akan di pasangkan maka kekuatan juga akan bias berkurang.Oleh karena itu sebelum kita membuat pasangan sebaiknya kita harus meghitung keefisiensinya terlebih dahula.Di bawah ini gambar macam pasangan skrup dan baut yang sesuai dengan fungsinya.
(GAMBAR PASANGAN SKRUP DAN BAUT)
Apabila kita sudah memenuhi semua aspek yang sudah di tentukan kemungkinan besar sapek keselamatan juga terselesaikan.Dan apabila kita belum dan tidak memperhitungkan aspek keselamatan maka benda keerja atau mesin kita akan cepat aus atau rusak.
STANDART MATERIAL KEPALA BAUT
Pemuatan kepala baut seharusnya melihat sesuai kebutuhannya,maka dari itu harus sesuai dari pemilihan material yang akan di gunakan.di bawah ini tabel kekuatan bahan dan model bentuk kepala baut,
Apabila kita tidak memperhitungkan kekuatan bahan maka baut akan cepat aus atau rusak.Seperti gambar di bawah ini adalah akibat dari pemilhan yang kurang tepat kepala baut rysak atau ppenyok karena terkena tekanan yang sama atau lebih besar dari kekutan bahan baut.maka dalam pemilihan bahan kita tidak sembarangan .
(GAMBAR)
SISTEM HIDROLIK
Hidrolil adalah peralatan yang di gunakan untuk mentransmisikan gaya atau beban yang berat menjadi lebih ringan.sistem hidrolik ini sering diguakan untuk timbangan,suspensi mobil dan motor.Dan model system hidrolik ini sangat banyak macamnya,seperti menggunakan tekanan fungsi angin,perbandingan per dan juga menggunakan tekanan minyak dan angina.
Dan di bawah ini adalah stuktur atau gambar system hiddrolik dengan menggunakan tekanan angina, perbandingan per da dengan menggunakan piston.
Sistem hidrolik model ini menggunakan kekuatan tekanan angin yang di hasilkan oleh gerakan piston dan stang penggerak.Sistem model ini lebih dikenal dengan nama system peneomatik.apbabila yang di sebut sebagai system hidrolik biasanya mengunakan cara kerja mengandalkan perbandingan tekanan oil dan angin.Tetapi kedua alat ini mempunyai fungsi yang sama hanya berbeda dalam pengunaannya saja.Apabila system hidrolik yang menggunakan perbandingan oil dan angin ini di gunakan untuk mengangkat beban berat tetapi dengan waktu yang lebih sebentar,tetapi system hidrolik yang menggunakan perbandingan per system ini di biasnya digunakan untuk mengangkat dan sekaligus menahan benda kerja untuk di tempatkan di tempat yang lebih tinggi.
CHAIN DRIVES
Adalah alat penggerak antara roda gigi pembanding.alat ini banyak dipilih karena alat ini sangat sedikit menimbulkan slip.Tetapi alat ini juga mimilki sisi jelek yaitu alat ini menimbulkan suara bising.Alat transmisi ini banyak di pilih karena alat ini mampu menahan beban yang sangat besar.
(GAMBAR KONSTRUKSI CHAIN)
Alat ini biasanya di gunakan untuk trasmisi di motor dan juga pada dynamo-dinamo pada industri.
Dan cara menghitung panjang chain yang di dunakan adalah:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar